google-site-verification=0--nXkdUfv04a14U_ytjrROEBRhA9W68V6xxNv-O01U Soal dan Pembahasan SBMPTN Sosiologi Tahun 2017 (Kode 331) - Sosiologi SMA dan SMK

Kami siap menghantarkan adik-adik camaba masuk Perguruan Tinggi Negeri dan Sekolah Kedinasan pilihan mu.

Soal dan Pembahasan SBMPTN Sosiologi Tahun 2017 (Kode 331)


Bimbel WIN: 

Belajar dari bentuk soal yang sudah pernah ditanyakan membuat persiapan menghadapi ujian yang  sebenarnya akan menjadi lebih terarah, lebih fokus dan lebih efektif. 

Bentuk soal yang akan diujikan dari tahun ke tahun pada umumnya materinya sama. Pada pelajaran yang menitikberatkan pada hafalan soanya bisa sangat mirip bahkan ada yang persis sama. Sedangkan pada soal hitungan, rumus  dan analisanya pada umunya sama. 

Oleh karena itu, kami menyarankan bagiadik-adik calon mahasiswa baru (camaba) tahun ini, kuasailah minimal 10 tahun terakhir soal ujian yang sudah pernah keluar.

Pada kesempatan ini, bimbel WIN berbagi soal asli Sosiologi SBMPTN tahun 2017 kode 331 lengkap dengan pembahasannya yang mudah untuk dimengerti. Di akhir pembahasan, kami juga mengajak adik-adik camaba untuk tetap berlatih pada soal online yang sudah kami siapkan, Ayouk teruslah berlatih...!!! Semoga tahun ini kalian semuanya yang belajar disini bisa lolos di pilihan pertama kalian, Amiiin...  🙏🙏                                            

 Sosiologi

💦 Soal No 31 

Revolusi mental merupakan suatu gerakan nasional yang dilakukan sebagai usaha bersama untuk mengubah nasib Indonesia menjadi bangsa yang benar-benar merdeka, adil, dan makmur. Dalam Sosiologi, revolusi mental merupakan bagian dari kajian... 
  • (A) proses sosial 
  • (B) tindakan sosial 
  • (C) ranata sosial 
  • (D) perubahan sosial 
  • (E) kesejahteraan sosial

Pembahasan:

Revolusi mental: untuk menghasilkan sebuah perubahan sosial, gerakan revolusi mental dikampanyekan melalui institusi politik (pemerintah) sebagai sebuah gagasan untuk mengubah nasib Indonesia

Revolusi merupakan salah satu perubahan sosial cepat

Perubahan sosial mempengaruhi nilai, sikap dan pola perilaku

💥 Kunci Jawaban : D


💦 Soal No 32 

Pertentangan antara kelas borjuis dan proletar menurut Karl Marx dapat di jelaskan dengan perspektif... 
  • (A) imajinasi sosiologi 
  • (B) definisi sosial 
  • (C) konflik sosial 
  • (D) interaksi sosial 
  • (E) struktual fungsional

Pembahasan:

Borjuis: Pengusaha

Proletar: Buruh

Imajinasi Sosiologi: Charles Wright Mills

Definisi sosial: Marx Weber (juga teori tindakan sosial)

Interaksi simbolik: George Hebert

Struktur sosial: Emile Durkheim dan Talcott Parsons (juga teori keseimbangan)

💥 Kunci Jawaban : C


💦 Soal No 33 

Kelompok punk lahir sebagai protes atas kapitalisme dan materialisme dengan mengembangkan nilai dan life style anti kemapanan. Hal itu terlihat pada fashion mereka seperi potongan rambut mohawk ala suku indian, sepatu boots, rantai serta jaket kulit dan celana jeans ketat. Karateristik yang melekat pada kelompok punk di atas disebut... 
  • (A) stigma 
  • (B) predjudice 
  • (C) stereotype 
  • (D) ethnicity 
  • (E) superculture

Pembahasan:

Stigma: Anggapan negative dan udah pasti dikucilkan (ada orang yang baru keluar penjara gara-gara kekerasan seksual, lalu dilingkungannya akan tetap dipandang begitu)

Prejudice/Prasangka: Perilaku negative di masyarakat terus diarahkan ke kelompok tertentu (orang kulit hitam itu udah pasti Negro atau orang kulit putih banget dibilangnya bule)

Stereotype: Penilaian yang belum tentu benar/salah (pandangan masyarakat Amerika tentang Islam atau orang bercadar itu teroris)

Ethicity: Kelompok etnik

Superculture/Kebudayaan Nasional: Super budaya/kumpulan budaya yang berinteraksi satu sama lain

💥 Kunci Jawaban : C


💦 Soal No 34 

Perhatikan pernyataan dibawah ini! 
1. Percakapan antar seorang penggemar dengan kelompok band idolanya 
2. Diskusi antara dua orang siswa di kelas 
3. Wawancara seorang reporter dengan kelompok penari hiphop terkenal 
4. Saling ejek antara kelompok suporter bola dengan kelompok suporter bola lainnya 
5. Peringatan seorang polisi terhadap kelompok demonstran yang termasuk interaksi antara individu dengan kelompok adalah... 
  • (A) 1, 2, dan 3 
  • (B) 2, 4, dan 5 
  • (C) 1, 3, dan 5 
  • (D) 1, 4, dan 5 
  • (E) 2, 3, dan 4

Pembahasan: 

Interaksi sosial: Suatu hubungan yang timbal balik

Syarat interaksi: - Kontak = Primer: Langsung  Sekunder: Melalui perantara

                             - Komunikasi

💥 Kunci Jawaban : D


💦 Soal No 35 


Ungkapan bahwa hukum lebih tajam ke masyarakat lapisan bawah, tetapi tumpul ke masyarakat lapisan atas, memperlihatkan bahwa hukum tidak netral, tetapi memihak kelompok tertentu. Hal ini sejalan dengan teori... 
  • (A) differential asociation 
  • (B) anomi 
  • (C) konflik 
  • (D) fungsional 
  • (E) labeling

Pembahasan:

differential association: penyimpangan bersumber pada pergaulan yang berbeda (pengaruh teman)

anomie: suatu keadaan dimana masyarakat kehilangan norma

fungsional: semua orang memiliki fungisnya masing-masing

Labelling: Cap/julukan

💥 Kunci Jawaban : C


💦 Soal No 36 

Salah satu fungsi dari strafikasi sosial adalah... 
  • (A) memberi penghargaan bagi mereka yang berprestasi 
  • (B) menimbulkan kekhawatiran pada masyarakat strata atas 
  • (C) menempatkan setiap orang pada posisi-posisi yang sama dalam masyarakat 
  • (D)  mendorong masyarakat menjadi egaliter 
  • (E) menurunkan solidaritas kelompok

Pembahasan:

Stratifikasi: Perbedaan penduduk berdasarkan tingkatannya/hierarki

Sifat stratifikasi: Terbuka, tertutup, campuran

Cara mendapatkan status: Ascrieb (kelahiran), Achieved (usaha yang disengaja), Assigned (diberikan oleh masyarakat)

💥 Kunci Jawaban : A


💦 Soal No 37 

Fenomena sosial yang secara langsung mendorong terjadinya mobilitas sosial adalah .... 
  • (A) bakti sosial yang dilakukan siswa SMA 
  • (B) perbedaan jenis kelamin dalam mencapai prestasi 
  • (C) tingginya angka putus sekolah 
  • (D) arus perpindahan petani dari desa ke kawasan industri 
  • (E) lurah yang dipilih kembali untuk masa jabatan tertentu

Pembahasan:

Mobilitas sosial: Perpindahan status sosial

-          Vertikal: Singking (turun) dan Climbing (naik)

-          Horizontal

💥 Kunci Jawaban : D


💦 Soal No 38 

Seorang ketua RT menyelesaikan konflik antara dua tetangganya yang bertikai, dengan syarat mereka harus mematuhi hasil keputusan yang dibuat oleh ketua RT Tindakan itu dinamakan .... 
  • (A) mediasi 
  • (B) ajudikasi 
  • (C) kompromi 
  • (D) arbitrasi 
  • (E) konsiliasi

Pembahasan:

Mediasi: pihak ketiga untuk mempertemukan

Ajudikasi: pengadilan

Kompromi: Jalan tengah yang dicapai oleh pihak yang berkonflik

Konsoliasi: Pihak ketiga yang memberikan saran

Arbitrasi: Pihak ketiga yang mengambil keputusan dan harus dipatuhi

💥 Kunci Jawaban : D


💦 Soal No 39 

Tingginya tingkat kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) disebabkan oleh ketimpangan relasi di dalam keluarga. Tipe penelitian yang sesuai untuk menjawab permasalahan penelitian di atas adalah eksploratif. 
 SEBAB 
Permasalahan penelitian tersebut bertujuan untuk menggali lebih dalam tentang sebab-sebab terjadinya kekerasan dalam rumah tangga.

Pembahasan:

Penelitian eksploratif: tujuan ingin tahu/menggali secara luar tentang sebab-sebab suatu hal

💥 Kunci Jawaban : A


💦 Soal No 40 

Diskriminasi antar warga banyak terjadi pada masyarakat homogen. 
SEBAB 
Konflik sosial yang terjadi di Indonesia salah satunya dipicu oleh rendahnya penghormatan terhadap keragaman kelompok sosial.

Pembahasan:

Sebab diskriminasi cenderung terjadi di masyarakat heterogen (bermacam)

Rendahnya penghormatan = sikap toleransi

💥 Kunci Jawaban : D


💦 Soal No 41 

Sebagai anggota masyarakat, setiap individu terikat di dalam norma-norma sosial yang berlaku agar tercipta keteraturan. Hal ini disebabkan norma sosial berisi .... 
  • (1) perintah 
  • (2) larangan 
  • (3) sanksi 
  • (4) status

Pembahasan:

Norma: Seperangkat aturan berupa perintah dan larangan

💥 Kunci Jawaban : A


💦 Soal No 42 

Pola sosialisasi yang menggambarkan adanya kepatuhan yang dipaksakan, hukuman kepada individu yang melanggar norma, dan kekuatan otoritas adalah .... 
  • (1) sekunder 
  • (2) primer 
  • (3) partisipasif 
  • (4) represif

Pembahasan:

Pola Sosialisasi:

-   Represif: hukuman apabila anak tidak mengikuti sosialisasi yang diberikan orangtua (kepatuhan dipaksa)

-          Partisipatif: Interaksi anak yang menjadi pusat sosialisasi

Bentuk Sosialisasi:

-          Primer: Utama (keluarga)

-          Sekunder: Lanjutan (masyarakat)

💥 Kunci Jawaban : D


💦 Soal No 43 

Menurut Ferdinan Tonnies, contoh kelompok petembayan adalah .... 
  • (1) perusahaan dan koperasi 
  • (2) kelompok marga 
  • (3) firma dan PT 
  • (4) arisan dan pengajian

Pembahasan:

Patembayan (gesselschaft): sementara, kurang saling mengenal

Paguyuban (gemeinschaft): ikatan batin, kekal, alamiah

💥 Kunci Jawaban : B


💦 Soal No 44 

Lembaga sosial yang dibentuk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan kekerabatan disebut lembaga .... 
  • (1) peradilan 
  • (2) ekonomi 
  • (3) pendidikan 
  • (4) keluarga

Pembahasan:

Keluarga terdapat aturan-aturan yang harus dipatuhi oleh seluruh anggota

💥 Kunci Jawaban : D


💦 Soal No 45 

Peperangan, bencana alam, dan pengaruh kebudayaan luar merupakan bentuk perubahan soaial .... 
  • (1) internal 
  • (2) evolusi 
  • (3) revolusi 
  • (4) eksternal

Pembahasan:

Perubahan dipengaruhi oleh kondisi lingkungan sosial di luar masyarakat

💥 Kunci Jawaban : D


Subscribe to receive free email updates: