Soal dan Pembahasan Sosiologi SNMPTN tahun 2009 (Kode 269)
Bimbel WIN:
Belajar dari bentuk soal yang sudah pernah ditanyakan membuat
persiapan menghadapi ujian yang sebenarnya akan menjadi lebih terarah,
lebih fokus dan lebih efektif.
Bentuk soal yang akan diujikan dari tahun ke tahun pada umumnya
materinya sama. Pada pelajaran yang menitikberatkan pada hafalan soanya bisa
sangat mirip bahkan ada yang persis sama. Sedangkan pada soal hitungan,
rumus dan analisanya pada umunya sama.
Oleh karena itu, kami menyarankan bagiadik-adik calon mahasiswa
baru (camaba) tahun ini, kuasailah minimal 10 tahun terakhir soal ujian yang sudah
pernah keluar.
Pada kesempatan ini,
bimbel WIN berbagi soal asli Sosiologi SNMPTN tahun 2009 kode 269 lengkap dengan pembahasannya yang mudah
untuk dimengerti. Di akhir pembahasan, kami juga mengajak adik-adik camaba
untuk tetap berlatih pada soal online yang sudah kami siapkan, Ayouk teruslah
berlatih...!!! Semoga tahun ini kalian semuanya yang belajar disini bisa lolos
di pilihan pertama kalian, Amiiin... 🙏🙏
Gunakan PETUNJUK A untuk menjawab soal nomor 31 sampai dengan nomor 38!
💦 Soal No. 31
Dalam kehidupan bermasyarakat setiap manusia memerlukan sosialisasi agar bisa menjadi manusia yang berkepribadian karena ...
- (A) kepribadian merupakan kecenderungan psikologis seseorang untuk melakukan tingkah pekerti sosial tertentu.
- (B) kepribadian sebagai hasil sesuatu proses sosial.
- (C) kepribadian terwujud di dalam proses- proses interaksi sosial antarmanusia.
- (D) kepribadian merupakan produk produk suatu kebudayaan.
- (E) kepribadian tidaklah terbawa dari lahir sebagai bakat-bakat kodrati.
Pembahasan:
Sosialisasi diperlukan untuk membentuk kepribadian setiap anggota masyarakat. Kepribadian seseorang dapat diketahui setelah terjadi proses interaksi sosial antarmanusia.
💥 Kunci Jawaban: C
💦 Soal No. 32
- (A) diukur dengan ketentuan yang bersifat formal.
- (B) melekat pada objeknya yang bersifat empiris.
- (C) mengikuti pandangan pengamat serta penilainya.
- (D) dirujuk dari baik dan buruknya kepribadian seseorang.
- (E) Relevan dengan makna simbol sebuah benda dan perilaku masyarakat.
Pembahasan:
Sosiologi sebagai ilmu memiliki sifat objektif, yaitu selalu mengacu ke objek dan bersifat empiris.
💥 Kunci Jawaban: B
💦 Soal No. 33
- (A) ketika berinteraksi, seseorang sebenarnya sedang belajar memahami tindakan orang lain.
- (B) interaksi bisa berjalan dengan tertib dan teratur apabila pihak-pihak saling mengenal.
- (C) interaksi memerlukan kemampuan menilai perilaku snediri dari sudut pandang orang lain.
- (D) masalah utama yang dihadapi dalam interaksi adalah cara mengontrol kesan yang diberikan kepada orang lain.
- (E) ketika berinteraksi, orang yang bersangkutan memberikan reaksi terhadap perasaan yang disampaikan or ang lain.
Pembahasan:
lnteraksi adalah hubungan timbal balik atau peristiwa aksi dan reaksi. Pihak-pihak yang melakukan interaksi harus saling memahami motivasi dan tindakan yang mereka lakukan.
💥 Kunci Jawaban: E
💦 Soal No. 34
- (A) menghadiri undangan pesta pernikahan dari suku yang berbeda.
- (B) ikut merayakan hari raya Idul Fitri oleh semua umat beragama.
- (C) mengikuti ibadah agama lain karena semua agama adalah benar.
- (D) ikut menjaga tempat ibadah agama lain.
- (E) tidak memandang rendah kebudayaan or ang lain.
Pembahasan:
Mengikuti ibadah agama lain adalah hal yang tidak perlu dilakukan karena setiap umat beragama yang berbeda memiliki cara dan pandangan masing-masing dalam melaksanakan ibadah.
💥 Kunci Jawaban: C
💦 Soal No. 35
- (A) diferensiasi dan stratifikasi sosial.
- (B) mobilitas dan gerak sosial.
- (C) status dan peran sosial.
- (D) dinamika dan mobilitas sosial.
- (E) perubahan dan pergeseran sosial.
Pembahasan:
Diferensiasi adalah pembeda yang bersifat horizontal, tidak ada yang lebih tinggi ataupun rendah. Contoh diferensiasi adalah perbandingan profesi buruh tani dengan penarik becak yang penghasilannya sama. Stratifikasi berasal dari kata strata yang berarti pelapisan atau tingkatan. Dalam stratifikasi terdapat perbedaan yang bersifat vertikal, ada yang berada pada posisi yang lebih tinggi dan ada yang lebih rendah.
💥 Kunci Jawaban: A
💦 Soal No. 36
- (A) interaksi memiliki pola yang sama.
- (B) pihak yang berinteraksi mendefinisikan dirinya sebagai anggota kelompok.
- (C) ada kesamaan faktor yang dapat mempererat hubungan mereka dalam kelompok.
- (D) pihak yang berinteraksi memiliki musuh dari kelompok lain.
- (E) pihak yang berinteraksi merasa menjadi bagian dari kelompok.
Pembahasan:
Syarat dan ciri - ciri menurut Robert K. Merton antara lain : - Memiliki pola interaksi - Pihak yang berinteraksi mendefinisikan dirinya sebagai anggota kelompok - Pihak yang berinteraksi didefinisikan oleh orang lain sebagai anggota kelompok Jadi dari pilihan jawaban, yang bukan syarat kelompok sosial menurut Robert K. Merton adalah pihak yang berinteraksi memiliki musuh dari kelompok lain.
💥 Kunci Jawaban: A
💦 Soal No. 37
- (A) struktur sosial.
- (B) stratifikasi sosial.
- (C) kelompok sosial.
- (D) diferensiasi sosial.
- (E) pengendalian sosial.
Pembahasan:
Dalam cerita yang dituliskan tergambar fenomena stratifikasi. Hal ini dapat ditemukan pada bagian "Kekaisaran tidak dapat disamaratakan, di sini ada pegunungan yang tinggi, di sana ada danau-danau yang rendah."
💥 Kunci Jawaban: B
💦 Soal No. 38
- (A) modernisasi lebih tepat menjelaskan proses perkembangan umum untuk masyarakat.
- (B) modernisasi lebih menekankan penerapan pengetahuan ilmiah daripada meniru gaya hidup masyarakat modern.
- (C) pengertian modernisasi dapat menampung bentuk-bentuk khusus setiap kebudayaan masyarakat.
- (D) modernisasi lebih menuntut adanya kreativitas dan berorientasi masa depan.
- (E) Modernisasi berarti juga penggunaan unsur-unsur yang berasal dari kebudayaan barat.
Pembahasan:
Kalimat soal menanyakan hal yang menunjukkan westernisasi. Pilihan jawaban yang tepat adalah E. Modernisasi berarti juga penggunaan unsur-unsur yang berasal dari kebudayaan barat;
💥 Kunci Jawaban: E
Gunakan PETUNJUK C untuk menjawab soal nomor 39 sampai dengan nomor 42!
- (1) emansipasi.
- (2) toleransi.
- (3) imigrasi.
- (4) emigrasi.
Pembahasan:
Agar tidak terjadi benturan budaya antara pendatang dan penduduk asli diperlukan adanya sikap: - Emansipasi, yaitu persamaan hak dan derajat setiap orang. - Toleransi, yaitu sikap saling menghargai satu sama lain. - Imigrasi, pendatang yang masuk ke wilayah yangbaru harus dapat beradaptasi dengan adat dan budaya masyarakat setempat.
💥 Kunci Jawaban: A
💦 Soal No. 40
- (1) mediasi.
- (2) arbitrasi.
- (3) konsiliasi.
- (4) ajudikasi.
Pembahasan:
Ajudikasi adalah proses penyelesaian masalah melalui jalur hukum atau dengan pengadilan.
💥 Kunci Jawaban: D
💦 Soal No. 41
- (1) menumbuhkan kedisiplinan.
- (2) menanamkan aspirasi atau cita-cita.
- (3) mengajarkan peran sosial dan sikap penunjangnya.
- (4) mengajarkan keterampilan berpartisipasi dalam kehidupan.
Pembahasan:
Peran masyarakat dalam pengajaran kepada anak-anak tentang sosialisasi berfungsi untuk:
- -Menumbuhkan kedisiplinan. Dengan sosialisasi anak-anak dididik agar patuh pada peraturan.
- - Menanamkan aspirasi atau cita-cita. Dengan sosialisasi, anak-anak dapat terinspirasi oleh masyarakat sehingga dapat menjadi input yang positif untuk perkembangan masa depannya.
- - Mengajarkan peran sosial. Dengan sosialisasi, anak-anak akan bahwa dia adalah bagian dari masyarakat dan setiap anggota masyarakat akan memiliki peran.
- - Mengajarkan keterampilan berpartisipasi terhadap kehidupan. Dengan sosialisasi, anak-anak diajarkan untuk ikut serta ambil bagian dalam setiap kegiatan, ini dapat melatih tanggungjawab pada anak-anak.
- 💥 Kunci Jawaban: E
💦 Soal No. 42
- (1) agen revolusi.
- (2) agen intelektual.
- (3) agen evolusi.
- (4) agen perubahan.
Pembahasan:
Peran dan fungsi mahasiswa:
- - Mahasiswa Sebagai Iron Stock dituntut memiliki kepribadian yang baik, akhlak yang terpuji sebagai generasi muda bangsa yang akan melanjutkan kepemimpinan Indonesia di tahun-tahun mendatang.
- - Mahasiswa Sebagai Agent of Change Mahasiswa adalah agen pengubah yang harus berdiri di barisan paling depan menyuarakan aspirasi rakyat
- - Mahasiswa Sebagai Guardian of Value Peran mahasiswa sebagai guardian of value adalah bagaimana mahasiswa bisa menjaga nilai-nilai kebaikan yang ada di masyarakat.
- - Mahasiswa Sebagai Moral Force Mahasiswa sebagai kalangan intelektual harus mencerminkan nilai karakter terbaik sesuai dengan tingkatan intelektualnya
- - Mahasiswa Sebagai Social Control Peran mahasiswa untuk melakukan kontrol kepada hal-hal yang bertentangan dengan nilai keadilan di masyarakat.
- 💥 Kunci Jawaban: D
Gunakan PETUNJUK B untuk menjawab soal nomor 43 sampai dengan nomor 45!
Pembahasan:
Pernyataan:
- - Era reformasi adalah era keterbukaan untuk menyampaikan aspirasi dan pendapat terhadap perkembangan politik maupun kritik terhadap kinerja aparatur negara.
- - Era reformasi ditandai oleh bangkitnya demokrasi. Peran pemerintah pusat yang besar serta menjadi titik sentral yang menentukan gerak kehidupan daerah harus segera diakhiri. Oleh karena itu, lahirlah UU Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah dan UU Nomor 23 Tahun 1999 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah.
- Undang-undang itu memberikan kewenangan luas kepada daerah untuk mengatur serta mengurus kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan prakarsa, aspirasi masyarakat yang sejalan dengan semangat demokrasi.
Alasan:
Faktor terjadinya konflik saat pilkada:
- - Tidak tegasnya pihak penyelenggara. Dimana ada pelanggaran, namun tidak diberikan tindakan oleh pihak penyelenggara sehingga terjadilah konflik antar masyarakat pendukung Paslon
- - Pasangan Calon. Paslon sering melakukan pelanggaran yang sebenarnya diketahuinya.
- - Para tim sukses dari pasangan calon tersebut. Konflik seakan dipicu dari status di sosial media, yang di unggah oleh tim pemenangan, atau simpatisan pasangan calon tertentu yang menyerang pasangan calon lain
- 💥 Kunci Jawaban: A
💦 Soal No. 44
Pembahasan:
Di kota masyarakatnya cenderung heterogen/multicultural/pluralism yang dimana masyarakatnya akan berbeda-beda mulai dari agama, ras, suku, profesi dan sebagainya. Bila tidak disikapi dengan sikap toleransi yang tinggi maka akan muncul etnosentrisme, primordialisme dan stereotype. Lalu kemudian akan timbul konflik horizontal; tawuran.
💥 Kunci Jawaban: A
💦 Soal No. 45
Pembahasan:
Fungsi Lembaga Sosial:
- 1. Lembaga sosial berfungsi untuk memberikan pedoman pada anggota masyarakat tentang bagaimana setiap individu harus bersikap dalam menghadapi masalah yang muncul dan berkembang di lingkungan masyarakat.
- 2. Lembaga sosial berfungsi untuk menjaga keutuhan masyarakat yang saling berhubungan atau bersangkutan.
- 3. Lembaga sosial berfungsi untuk memberikan arahan kepada masyarakat untuk dapat mengadakan sistem pengendalian sosial seperti sistem pengawasan masyarakat kepada anggotanya.
- 💥 Kunci Jawaban: A